Manfaat Hebat Daun Suji Untuk Kesehatan

Manfaat Hebat Daun Suji Untuk Kesehatan

KlikPintar - Daun Suji. Tahukah anda daun suji itu? beberapa orang tentu sudah familiar dengan daun suji karena kerap digunakan sebagai pewarna makanan dalam berbagai masakan. Itu dikarenakan daun suji mempunyai warna hijau yang pekat lebih dari daun pandan wangi sehingga daun suji sangat efektif untuk dijadikan pewarna hijau pada makanan. Meskipun begitu, daun ini tidak memiliki aroma seperti daun pandan wangi.

Selain daripada itu, daun suji ternyata menyimpan manfaat khusus disisi kesehatan tubuh manusia. Daun yang juga disebut pandan betawi ini memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh manusia. Klorofil dan beberapa turunannya dapat berfungsi sebagai antioksidan, serta daya hipokolesterolemik secara in vivo. Mari kita telusuri lebih lanjut manfaat daun suji untuk kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Daun Suji Untuk Kesehatan

1. Daun Suji Sebagai Obat Disentri dan Beri-Beri

Daun suji bisa dijadikan obat disentri dan beri-beri. Cara Pembuatan obat tradisional tersebut adalah dengan cara mengambil daun suji yang masih segar secukupnya. Cuci bersih dan tiriskan. Didihkan air bersama dengan daun tersebut, Setelah air mendidih dan menjadi setengah bagian, saring dan dinginkan kemudian siap dinikmati. Anda bisa meminumnya satu gelas sehari.

2. Daun Suji Sebagai Obat Nyeri Haid

Proses pengolahan daun suji ini masih sama dengan cara diatas,  yaitu daun suji direbus hingga menyisakan air setengah bagian. Dan mengkonsumsinya satu gelas per hari.

3. Daun Suji Sebagai Obat Kencing Nanah

Proses pengolahan daun suji ini masih sama dengan cara diatas, perbedaan hanya dalam hal cara mengkonsumsinya yang sebanyak dua gelas per hari.

4. Daun Suji Sebagai Obat Batuk Berlendir dan Berdarah

Siapkan 20 lembar daun suji dan kemudian dicuci  sampai bersih, setelah dicuci bersih kemudian tumbuk sampai lumat, dan tambahkan dengan air sebanyak setengah gelas. Setelah itu ambil sarinya dengan diperas dan minum ramuan ini sebanyak 2 kali sehari pagi dan malam.

manfaat daun suji bagi kesehatan

Nilai Plus Daun Suji Sebagai Obat Tradisional

Nah, itulah manfaat-manfaat yang dapat kita peroleh melalui daun suji. Obat tradisional memang tidak kalah dengan obat kimia dari kedokteran. Malah dengan mengkonsumsi obat tradisional akan meredam efek samping buruk yang ditimbulkan, selagi tahu bagaimana memilih obat tradisional yang benar.

Daun suji yang sangat bermanfaat bagi kesehatan sebenarnya tidaklah sulit untuk ditemukan di sekitar kita. Tumbuhan ini memang kerap tumbuh di pekarangan-pekarangan rumah, baik ditanam ataupun tumbuh liar.

Konsumsi obat kimia dari dokter tidak selamanya baik untuk tubuh manusia, alangkah baiknya kita mengobati penyakit dalam tubuh kita dengan cara-cara alami seperti dengan menggunakan daun suji dan bahan-bahan alami lainnya. Daun suji yang notabene hanya untuk pewarna makanan pun sangat bermanfaat bagi kesehatan, juga tidak menutup kemungkinan daun suji dapat mengobati penyakit-penyakit lain yang ada dalam tubuh manusia.

Komentar